pengertian bossanova


Musik bosas atau juga dikenal dengan bosanova aslinya memang dari latin. Bossa novaartinya adalah"tren baru" yaitu  gaya musik Brazil yang diciptakan oleh Joao Gilbert  dan dipopulerkan oleh  Antonio Carlos Jobim (ingat The Girl form Ipanema) dan Moraes.  Bossa nova memperoleh banyak pengikut, awalnya oleh musisi muda dan mahasiswa. Meskipun gerakan bossa nova hanya berlangsung enam tahun (1958–1963), gerakan ini telah menjadi standar musik jazz.
Di Jawa, dengan kreativitas anak negeri dikawinkanlah Bossanova dengan tembang Jawa yang aslinya diiringi dengan musik keroncong atau campursari, dengan tetap mempertahankan bahasa Jawa, Bossanova mampu dibawakan dengan apik. Grup Bossanova Jawa pada tahun 2001, telah mengeluarkan Album Bossanova Jawa 1 yang disusul dengan Album Bossanova Jawa 2 (2003) dan terakhir Album Bossanova Jawa 3.
Personil Bossanova Jawa merupakan gabungan musisi Semarang yang di pelopori olehWandy Gaotama J dari IMC Duta Record . Pipit Lisna adalah penyanyi pada album pertama, sedangkan pada album berikutnya adalah penyanyi Donna, Wening, dan Widya.  Personil yang lain adalah Awig sebagai lead-guitar, Anang pada bass guitar, Rifai peniup saksofon, dan Bambang Progressio penggebuk conga dan alat perkusi.

sumber: http://www.bossanovajawa.blogspot.com/

0 komentar:

Posting Komentar